• Jam Buka Toko: Jam 08.00 s/d 20.00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 082119463763
  • SMS/WA: 082119463763
  • primatinta88@gmail.com
Terpopuler:

Cara Menghemat Tinta Printer

24 Desember 2017 - Kategori Blog

Cara Menghemat Tinta Printer, Penggunaan printer dengan intensitas tinggi tentu saja mengakibatkan tinta yang digunakan cepat habis dan hal tersebut pastinya menambah pengeluaran Anda sebagai pengguna. Banyak pengguna yang mengakali printer mereka dengan memodifikasi tinta infus untuk menghemat, namun ujung-ujungnya banyak pengguna yang mengeluhkan kerusakan pada mesin printer mereka. Menghemat tinta sebenarnya bukan hanya bisa dilakukan dengan mengurangi intensitas penggunaan. Ada beberapa trik lain yang bisa Anda lakukan untuk menghemat penggunaan tinta printer sehingga dapat menghemat biaya pengeluaran. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghemat.

Jual tinta printer

Jual tinta printer

 

Cetak dalam Satu Lembar Kertas

Ini adalah cara paling sederhana untuk menghemat, terutama untuk presentasi PowerPoint. Ketika Anda akan mencetak slide presentasi, Anda dapat menggunakan ukuran kecil pada setiap slide dan mencetaknya hanya dalam satu halaman kertas. Untuk melakukannya, pada kotak dialog print, pilih Handouts di “Print what” dan pilih jumlah banyaknya slide yang ingin dicetak di setiap lembar kertas.

Anda juga akan menemukan pengaturan yang sama pada dialog print di Microsoft Word, di mana Anda bisa menentukan jumlah halaman di setiap lembar kertas. Mencetak 2 halaman pada selembar kertas masih cukup terbaca dengan baik. Banyak printer laser yang juga menyediakan pilihan duplex untuk mencetak pada kedua sisi kertas.

 

Cetak yang Dibutuhkan Saja

Daripada Anda mencetak seluruh dokumen, sebaiknya Anda memilih bagian-bagian yang terpenting saja. Misalnya ketika Anda mencetak dokumen panjang, Anda bisa memilih beberapa paragraf saja yang benar-benar penting dan akan digunakan. Untuk melakukannya tidak sulit. Hampir semua aplikasi memiliki sebuah fitur yang mungkin selama ini tidak Anda perhatikan yaitu fitur untuk mencetak hanya teks yang diblok.

Fitur ini sangat berguna jika Anda hanya ingin mencetak sebuah paragraf dari suatu website atau sebagian kecil teks dari suatu dokumen yang panjang, daripada Anda menghabiskan waktu dengan menghapus halaman-halaman yang tidak Anda butuhkan. Cara ini dapat bekerja pada sebagian besar aplikasi seperti IE, Firefox, Microsoft Excel & Word. Cukup dengan memblokir bagian dokumen yang ingin Anda cetak dan pilih “Selection” di dialog print.

 

Gunakan Mode Draft

Jika Anda menggunakan sebuah printer inkjet maka Anda tidak perlu menggunakan kualitas tinggi atau menengah untuk mencetak hal-hal kecil seperti artikel atau apapun itu. Anda akan menghemat banyak tinta (dan waktu) dengan memasang Fast Draft sebagai default pada printer properties, sehingga tidak perlu setiap kali mengganti settingya.

Buka folder Printers, klik kanan printer Anda dan pilih “Printing Preferences”. Walaupun setiap jenis printer berbeda, tetapi hampir semuanya memiliki pilihan “Fast Draft” pada bagian kualitas cetakan. Anda juga dapat menghemat tinta warna dengan memilih grayscale sebagai default. Banyak printer yang dapat menyimpan pengaturan Anda sebagai default sehingga Anda dapat dengan cepat memilih pengaturan yang Anda inginkan ketika mencetak dan menghemat banyak waktu

 

Gunakan GreenPrint untuk Menghitung Penghematan Anda

GreenPrint adalah sebuah aplikasi gratis yang bekerja sebagai virtual printer dan melihat dokumen Anda sebelum dikirim ke printer, sehingga Anda bisa membuang apa saja yang tidak ingin Anda cetak sekaligus memberikan pilihan untuk “mencetak” ke PDF atau kertas. Sebagai bonusnya Anda akan melihat sebuah laporan yang isinya berapa banyak kertas dan biaya yang telah Anda hemat.

 

Gunakan Print Preview dan Shrink to Fit

Berapa kali Anda pernah salah mencetak suatu dokumen yang Anda kira cukup di selembar kertas tetapi ternyata tercetak pada dua lembar kertas? Jika Anda selalu mengklik tombol cetak tanpa melihat preview terlebih dahulu, maka Anda akan memboroskan banyak tinta dan kertas. Dengan menggunakan Print Preview maka Anda dapat menghindari kesalahan mencetak yang mungkin terjadi.

 

Firefox dan IE memiliki opsi yang disebut “Shrink to Fit” yang dapat mengecilkan konten sehingga menghemat kertas Anda, atau Anda bisa memilih tingkat perbesaran sesuka Anda untuk memuatnya ke selembar kertas saja. Microsoft Word juga memiliki suatu opsi yang disebut “Shrink One Page” yang akan mencoba mengecilkan dokumen Anda sehingga cukup pada selembar kertas dengan mengecilkan font dan spasi dari teksnya.

 

Atur Gambar Jadi Lebih Terang

Mencetak dokumen tak selalu berupa teks, tapi bisa pula dilengkapi dengan gambar. Adanya gambar pada dokumen dapat menguras tinta cukup banyak ketika dokumen tersebut di-print. Jika ada sejumlah gambar pada dokumen, maka dapat terjadi pemborosan tinta printer saat proses pencetakan. Bila keberadaan gambar dalam dokumen tidak begitu penting, maka gambar tersebut bisa dihapus atau dihilangkan. Tetapi, bila gambar tersebut punya peranan penting dalam dokumen, tentunya tidak dapat dihapus begitu saja. Untuk itu, Anda dapat mengatur gambar tersebut menjadi lebih terang untuk dapat menghemat tinta printer.

 

Gunakan Font yang Hemat Tinta

Ada berbagai font huruf di program pengolah kata. Masing-masing font mempunyai ciri khas dan perbedaan tersendiri, mulai dari bentuk karakter sampai ketebalan hasil cetakannya. Berkaitan dengan hal itu, jenis font yang dipakai pada dokumen berpengaruh terhadap pemakaian tinta. Pemakaian font berkarakter huruf cetak cenderung boros tinta bila dibandingkan dengan font dengan karakter huruf lebih tipis.

Agar tinta printer hemat, pilih jenis font karakter yang irit tinta, yakni yang berkarakter huruf cetak tipis. Salah satunya yaitu Ecofont. Bila dilihat dari karakter hurufnya, Ecofont bisa digolongkan ke dalam jenis font Sans-Serif. Ciri khas huruf yang berlubang atau seperti rangkaian titik menjadikan jenis font ini dapat menghemat tinta apabila naskah dicetak

 

Pakai Grayscale

Sebelum melakukan proses pencetakan dokumen, ada kesempatan untuk melakukan pengaturan pada printer supaya hasil cetakan sesuai dengan yang dikehendaki. Untuk menghemat tinta printer, ubah setting Color menjadi Grayscale. Pengaturan pemilihan warna dari normal menjadi grayscale berfungsi untuk mengubah warna cetakan dari warna hitam solid menjadi warna keabu-abuan yang tentunya bisa menghemat tinta printer.

Primatinta.com Menjual Tinta Printer Terlengkap Harga Murah

Selain merk – merk yang disebutkan di atas, Primatinta.com menjual tinta printer yang tersedia dari merk lain, seperti Data Print, Doctorink, Saiko Ink, Fuji Xerox, AIFLO, dan Blue Print. Anda juga dapat membeli aksesoris printer lainnya seperti head cleaner yang berfungsi menghilangkan kerak tinta dan mencegah head printer mampet tanpa merusaknya. Jangan takut kualitas tinta jelek, karena semua produk yang ada di Primatinta merupakan produk resmi dengan kualitas terbaik. Anda bisa menikmati potongan harga dalam pembelian tinta printer. Segera belanja kebutuhan tinta dan aksesoris printer di Primatinta.com sekarang juga!